. Pengenalan JAVA 

Java yaitu  salah satu bahasa pemrograman yang bersifat open source yang merupakan 

produk dari Sun Microsystem. Bahasa Java yaitu  bahasa modern yang telah diterima masyarakat 

komputasi dunia. Hampir semua perusahaan perangkat lunak dan komputer besar mendukung dan 

mengembangkan aplikasi sistem berbasis Java. 

Java yaitu  salah satu bahasa pemrogaman Multiplatform (Bisa berjalan di berbagai macam 

system operasi) karena pada dasarnya java mempunyai Jre (java runtime environment) atau dapat 

kita artikan sebagai mesin tersendiri untuk mengeksekusi binary code hasil dari compilasi program 

yang telah kita buat, bereda dengan bahasa pemrograman vb, c++ yang memanfaatkan komponen 

system dalam  Windows untuk mengeksekusi binary code hasil kompilasi program. 

 Pada Tahun 1996, Sun Microsystem secara resmi merilis versi awal Java yang kemudian terus 

berkembang hingga muncul JDK 1.1 (Java Development Kit versi 1.1). Perkembangan terus  dilakukan 

hingga muncul versi baru yang disebut Java 2. Perubahan utama antara versi sebelumnya yaitu  

adanya Swing yang merupakan teknologi Graphical User Interface  (GUI) yang mampu menghasilkan 

aplikasi desktop yang benar-benar baik. Untuk mengembangkan aplikasi berbasis java,  kita 

memerlukan Java Development Kit(JDK), saat ini java telah mencapai versi 2 yang kenal dengan java 

2 platform. Java 2 platform, dibagi menjaditiga kategori yaitu: 

1. Java 2 Standart Edition (J2SE) 

2. Java 2 Enterprice Edition(J2EE) 

3. Java 2 Micro Edition(J2ME) 

2. Instalasi JDK 

Sebelum anda membuat aplikasi dengan java maka anda harus menginstal software Bahasa 

pemrograman java. java dapat anda dapatkan dengan cara download di alamat link 

berikuthttp://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/index.html. Kemudian setelah 

anda mendownloadnya maka mulai dengan menginstal,padadasarnya proses insalasi java sangat 



2018 

mudah yaitu dengan cara mengklik ganda pada filemaster javakemudian ikuti prosedur yang 

diperintahkan. 

3. Seting path 

Untuk dapat dijalankan di semua lingkungan pada suatu operasi system, terlebih dahulu kita 

harusmelakukan seting path, untuk melakukan setting path silahkan perhatikan berikut: 

 Klik kanan my Computer kemudian pilih properties 

 Kemudian muncul jendela seperti berikut, kemudian klik advanced 

 Kemudian klik tombol environment variable 

 

 

 Setelah itu akan muncul jendela environment variable, kemudian klik new pada panel System 

variable, dan isikan keterangan berikut : 

1. Variable name = path 

2. Variable value = C:\Program Files\Java\jdk1.8.0_144\bin 

4. Editor Java  

Ada banyak editor yang bisa kita gunakan untuk menuliskan soce code bahasa pemrograman 



2018 

java, bahkan semua editor dimungkinkan selama editor tersebut mampu menyimpan file 

denganekstensi .java yang merupakan ekstensi dari file untuk menyimpan source code bahasa 

pemrogramanjava. 

5. Program Java Pertama    

Kita akan coba untuk menganalisa  program Java pertama :  

 

Baris pertama kode :  

public class percobaan1 

menandakan nama class yaitu Hello. Dalam  Java, semua kode seharusnya didalam deklarasi class. 

kita melakukannya dengan menggunakan kata kunci class. Baris berikutnya yaitu yang terdiri atas 

kurung kurawal { menandakan awal blok kita dapat  juga meletakkan kurung kurawal  ini setelah 

baris pertama darikode yang kita tulis. Jadi, kita dapat menulis kode kita sebagai berikut:   

public class Hello   

{  

atau  

    public class Hello { 

Tiga baris selanjutnya menandakan adanya komentar Java. Komentar yaitu  sesuatu yangdigunakan 

untuk mendokumentasikan setiap bagian dari kode yang ditulis. Komentar bukan merupakan  bagian  

dari  program  itu  sendiri,  tetapi  digunakan  untuk  tujuan  dokumentasi. Komentar itu sendiri 

dapat ditambahkan pada kode yang Anda tulis sebagai petunjuk yang dapat membantu proses 

pembelajaran pemrograman yang baik. 

/**  

     * My first java program  

     */ 

Komentar dinyatakan dengan tanda “/*” dan “*/”. Segala sesuatu yang ada diantara 

tandatersebutdiabaikan oleh compiler Java, dan mereka hanya dianggap sebagai komentar 

sedangkan untukmembuat sebuah atau satu baris komentar dengan cara berikut ini 

// ini yaitu  program pertamaku. Semua tulisan yang berada satu baris dengan tanda // akan 

diabaikan oleh compiler. 



2018 

Baris selanjutnya,  

public static void main(String[] args) { 

ataudapat juga ditulis sebagai berikut 

public static void main(String[] args)  

mengindikasikan nama  suatu method  dalam  class Hello  yang bertindak  sebagai 

methodutama.Method utama yaitu   titik awal dari suatu program Java. Semua program kecuali 

applet yangditulis  dalam  bahasa  Java  dimulai  dengan  method  utama.  Yakinkan  untukmengikuti 

kaidah penulisan tanda yang benar. 

 

Tugas Pendahuluan  

1. Sebutkan aturan penamaan class! 

2. Jelaskan apa itu Java Virtual Machine? 

3. Jelaskan apa itu Jre? Apa kegunaannya! 

4. Apa yang dimaksud dengan Multiplatform? 

5. Sebutkan editor yang bisa dipakai untuk menuliskan code java! 

6. Jelaskan tahap membuat projek aplikasi baru dan class baru di netbeans! 

7. Sebutkan macam-macam contoh dari Integer  Literals,  Floating-Point  Literals,  Boolean  

Literals, Character Literals dan String Literals! 

8. Berikan contoh class java sederhana yang dapat menghasilkan output berikut ini! 

a. Hallo Dunia 

b. Hallo Duke 

Percobaan Dilakukan  

1. Buat projek baru di netbeans dan sebuah class lalu ketik Ulang listing program berikut ini !   

class hallo_dunia 

   public static void main(String args[]) 

{  

system.out.println("Nama : Tuliskan Nama Anda");  

System.out.println("Gender : Tuliskan Gender Anda");  

System.out.println("Alamat : Tuliskan Alamat Anda");  

System.out.perintln("Tanggal Lahir : Tuliskan Tanggal lahir Anda"); 

Instruksi  yang harus dijalankan :  

 Compile dan jalankan programnya! 

 Jika ada kesalahan silahkan anda benarkan, 



2018 

 Apa yang dapat anda jelaskan dari program sederhana tersebut? 

2. Buat kode berikut ini kemudian masukkan character literals yang ada didalam table 

dibawahnya: 

class percobaankedua 

public static void main(String args[]) 

{  

System.out.print("Nama Buah : ");  

System.out.print("1. Manggis");  

System.Out.print("2. Semangka");  

System.out.print("3. Durian"); 

System.out.Print("3. Salak"); 

Kode  Nama 

\b  Backspace 

\n   Line feed  

\t  Tabulasi  

Instruksi yang harus dijalankan :  

 Compile dan jalankan programnya! 

 Jika ada kesalahan silahkan anda benarkan, 

 Sisipkan character literals yang ada ditabel kedalam akhir string literalsnya! 

 Apa yang dapat anda jelaskan dari program sederhana tersebut? 

 

Pertanyaan Praktikum 

1. Apa yang anda pahami dari praktikum yang telah anda lakukan? 

2. Berikan kesimpulan yang dapat anda ambil dari praktikum ini! 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



2018 

 

MODUL 2  

TIPE DATA, KEYWORD, VARIABEL, OPERATORDAN TEKNIK KONFERSI  

 

A. Target Praktikum 

1. Mahasiswa mengetahui berbagai macam tipe data dan penggunaannya 

2. Mahasiswa mengetahui berbagai macam keyword  

3. Mahasiswa mengetahui cara pembuatan variable dan penggunaannya. 

4. Mahasiswa mengetahui konfersi tipe data 

5. Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan terkait penggunaan variable dan tipe data 

6. Mahasiswa mengetahui berbagai macam operator java dan penggunaannya 

7. Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan terkait penggunaan operator 

 

B. Materi Dasar 

 

1. Keyword dalam Java   

Kata kunci yaitu  identifier yang telah dipesan untuk didefinisikan sebelumnya oleh Java 

untuk tujuan tertentu. Anda tidak dapat menggunakan keyword sebagai nama variabel, class, 

method anda, dsb 

2. Tipe Data Primitif 

Bahasa pemrograman Java mendefinisikan delapan tipe data primitif. Mereka diantaranya 

yaitu  boolean (untuk bentuk logika), char (untuk bentuk tekstual), byte, short, int, long (integral), 

double and float (floating point). 

3. Variabel 

Variabel yaitu  item yang digunakan data untuk menyimpan pernyataan objek. Variabel 

memiliki tipe, data dan nama. Tipe data menandakan tipe nilai yang dapat dibentuk oleh variabel itu 

sendiri. Nama variabel harus mengikuti aturan untuk identifier. 

3.1 Deklarasi dan Inisialisasi Variabel 

Untuk deklarasi variabel yaitu  sebagai berikut,  

<data tipe><name> [=initial value]; 

Nilainya berada diantara <> yaitu  nilai yang disyaratkan, sementara nilai dalam tanda [] 

bersifat optionalsesuai dengan tipe data yang dipaki untuk deklarasi variabel. 

3.2 Menampilkan Data Variabel 

Untuk mengeluarkan nilai dari variabel yang diinginkan, kita dapat menggunakan perintah 

sebagaiberikut, System.out.println()  atau System.out.print(). 

 

4. Teknik Konversi Data 

Konfersi yaitu  cara untuk memberikan nilai suatu data dari satu tipe data ke tipe data yang 

lain. 

Contoh: 



2018 

int a=50; 

double b=40.5; 

String konfersi_a =String.valueOf(a); // konfersi dari integer ke string 

String konfersi_b =String.valueOf(b);//konfersi dari double ke string 

int pindah_keinteger =Integer.parseInt(konfersi_a);// konfersi dari string ke integer 

double pindah_kedouble =Double.parseDouble(konfersi_b);// konfersi dari string ke 

double 

Yang perlu diketahui, bahwa konfersi data dilakukan jika kita membutuhkan suatu tipe data 

yang samauntuk menjalankan sebuah proses, jika data tersebut sudah sama tipe datanya maka tidak 

perlu dilakukanproses konfersi data: 

Contoh:  

Penjumlahan antara int a=2 dan int b=4 maka hal ini bisa langsung kita lakukan 

denganmenjumlahkannya missal int hasil=a+b; namun jika ada String a=”2”; dan int b=4; maka 

untukmenjumlahkannya terlebih dahulu harus kita lakukan proses konfersi yaitu mengubah nilai 

string amenjadi int dengan cara int konv_a=Integer.parseInt(a); baru kita lakukan proses 

penambahan. 

5. Operator 

Dalam Java, ada beberapa tipe operator. Ada operator aritmatika, operator relasi, 

operatorlogika, dan operator kondisi. Operator ini mengikuti bermacam-macam prioritas yang 

pastisehinggacompilernya akan  tahu  yang mana  operator  untuk  dijalankan  lebih  dulu  

dalamkasus beberapa operator yang dipakai bersama-sama dalam satu pernyataan. 

5.1  Operator Aritmatika 

Operator aritmatika merupakan operator yang berhubungan dengan fungsi matematika.  

Contoh Nama Hasil 

a + b  Penjumlahan Jumlah dari $a dan $b 

a - b  Pengurangan Selisih dari $a dan $b  

a * b  Perkalian Hasil kali dari $a dan $b 

a / b  Pembagian Pembagian dari $a dan $b  

a % b  Modulus Sisa dari $a dibagi dengan $b 

 

Penulisan Ekspresi Aritmatika 

 

𝑎 + 𝑏

𝑎 − 𝑏

− 𝑝𝑞 =   (a + b)/(a− b)− p ∗ q 

 

𝑎 + 𝑏/𝑞

𝑎𝑏

− 𝑞 =   (a + b/p)/(a ∗ b)− q 

 

5.2 Operator Relasi 

Operator Relasi membandingkan  dua nilai  dan menentukan  keterhubungan  diantara  nilai-

nilai tersebut. Hasil keluarannya berupa nilai boolean yaitu true atau false. 

Contoh Nama Hasil 

a == b  sama dengan  benar jikaa sama dengan b  



2018 

a != b  tidak sama  benar jika a tidak sama dengan b  

a < b  lebih kecil  benar jika a lebih kecil b  

a > b  lebih besar  benar jika a lebih besar b  

a <= b lebih kecil atau benar jika a lebih kecil atau sama dengan b  

a >= b sama dengan benar jikaa lebih besar atau sama dengan b  

 

5.3 Operator Tambahan dan Pengurangan 

Tabel operator Increment/decrement yaitu : 

Contoh Nama Hasil 

++a  Pre-increment  Nilai a ditambah satu, kemudian operasi berjalan 

a++  Post-increment Operasi dilaksananakan, kemudian a ditambah satu 

--a  Pre-decrement  Nilai a dikurang satu, kemudian operasidilaksanakan satu 

a--  Post-decrement Operasi dilaksanakan, kemudian adikurangi satu 

 

5.3 Operator Logika 

Operator logika memiliki satu atau lebih operand boolean yang menghasilkan nilai  

boolean.Terdapatenam operatorlogika yaitu: && (logika AND), & (boolean logika AND), || (logika 

OR), |(Boolean logika inclusive OR), ^ (boolean logika exclusive OR), dan ! (logika NOT). 

Contoh Nama Hasil 

a &&b  AND  benar jika a dan b benar  

a || b  OR  benar jika a atau b benar  

a ^b  XOR  benar jika a atau b benar tetapi tidak keduanya  

Operator Perbandingan/Kondisi 

Operator perbandingan ini digunakan pada struktur kontrol program, seperti if, elseif, di 

manadilakukanperbandingan antar dua nilai. 

Contoh Nama Hasil 

a == b  sama dengan  benar jikaa sama dengan b  

a != b  tidak sama  benar jika a tidak sama dengan b  

a < b  lebih kecil  benar jika a lebih kecil b  

a > b  lebih besar  benar jika a lebih besar b  

a <= b  lebih kecil atau benar jika a lebih kecil atau sama dengan b  

a >= b  sama dengan benar jika a lebih besar atau sama dengan b  

 

Tugas Pendahuluan  

1. Sebutkan macam-macam keyword java! 

2. Lengkapi Tabel berikut ini! 

Data Type  Data Type  

byte  

short  

int  

long  

float  

double  

char  

boolean  



2018 

3. Diberikan  tabel  dibawah  ini,  deklarasikan  variabel  yang  terdapat  didalamnya  dengan  tipe 

data yang  sesuai  dan  berikan  nilai  inisialisasi.  Tampilkan  hasil  outputnya  yaitu  nama variabel 

dannilainya   

 

Berikut ini merupakan tampilan yang diharapkan sebagai hasil eksekusi program,    

Number = 10   

letter = a   

result = true   

str = hello 

4. Berikan contoh listing program proses konfersi data, dengan arah konfersi tipe data sesuai 

dengan keinginan anda, minimal 5 proses konfersi! 

5. Cari contoh listing kode yang menggunakan operator Perbandingan, Increment/decrement,  

danAritmatika! 

Percobaan Dilakukan 

1. Buatlah program untuk menghitung nilai rata2 dari tiga angka berikut ini 30, 30, 60! 

2. Bangunlah sebuah program untuk menghitung gaji bersih setelah dipotong pajak 10%.  

Input : gajikotor.   

Proses : potongan = pajak*gajikotor, 

Gajibersih = gajikotor-potongan.   

Output : gajibersih.  

3. Pak Soleh Ingin naik haji, kemudian ikut tabungan haji ONH, biaya haji pada waktu itu yaitu  

50jt,pak soleh sudah mengumpulkan tabungan dirumah sebanyak 20jt, kemudian sebagai 

tabunganpembuka ia masukkan tabungan ONH sebesar 10jt, jika bulan ini pak soleh baru 

memulai bukatabungan dan cicilan pertama dimulai bulan depan, maka berapa minimal cicilan 

yang harus iatabungkan jika dijadwalkan pak soleh akan naik haji 2 tahun lagi? Selesaikan 

program untukmenghitung nilai cicilan tersebut! 

4. Selesaikan perhitungan berikut :  

a. 28 + 44 

b. 22 + 41 / 22 

c. Hitung nilai x jika diketahui 2x+6/6-4=2x-2/3 

Pertanyaan Praktikum 

1. Apa yang anda pahami dari praktikum yang telah anda lakukan? 

2. Berikan kesimpulan yang dapat anda ambil dari praktikum ini! 

 



2018 

 

 

MODUL 3 

INPUT DARI KEYBOARD DAN STRUKTUR KONTROL 

 

A. Target Pembelajaran 

1. Membuat program Java yang interaktif yang bisa mendapatkan input dari keyboard 

2. Menggunakan class BufferedReader untuk mendapatkan input dari keyboard melalui layar 

console 

3. Menggunakan class JOptionPane untuk mendapatkan input dari keyboard menggunakan GUI 

4. Menggunakan  struktur kontrol pemilihan (if, else,  switch)  yang digunakan untuk memilih 

blok kode yang akan dieksekusi 

 

B. Materi Dasar 

Setelah kita mempelajari  konsep  dasar  pada  Java  dan  menulis  beberapa  program 

sederhana.Sekarang kita akan mencoba membuat program kita lebih interaktif dengan 

menggunakan input dari keyboard.  Pada bab ini, kita  akan  mempelajari  dua  cara memberikan  

input,  yang  pertama  yaitu  menggunakan class BufferedReader  dan melalui  GUI (Graphical User 

Interface) dengan menggunakan 

class JOptionPane 

1. Menggunakan BufferedReader 

Pada bagian ini, kita akan menggunakan class BufferedReader yang berada di package java.io 

untukmendapatkan input dari keyboard.Berikut ini  yaitu   langkah-langkah  yang  diperlukan  untuk  

mendapatkan  input  dari keyboard: 

a. Tambahkan di bagian paling atas code Anda:  

import java.io.*;  

b. Tambahkan statement berikut:  

BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new InputStreamReader( 

System.in) ); 

c. Deklarasikan variabel String temporary  untuk  mendapatkan  input,  dan  gunakan fungsi 

readLine()  untuk  mendapatkan  input  dari  keyboard.  Anda  harus mengetikkannya di dalam 

blok try-catch:   

 

try {  

  String temp = dataIn.readLine();}  

  catch( IOException e ){  

  System.out.println(“Error in getting input”);} 

 

 

Berikut ini yaitu  contoh source code lengkapnya: 



2018 

 

 

Berikutnya akan penjelasan setiap baris dari code tersebut:  

- Statement,  

import java.io.BufferedReader;  

import java.io.InputStreamReader;  

import java.io.IOException;  

menjelaskan bahwa kita akan menggunakan class BufferedReader, InputStreamReader 

danIOException yang berada  di  java.io  package. Java Application Programming Interface (API) 

berisi ratusan class yang sudah  didefinisikan  sebelumnya  yang  dapat digunakan untuk 

programAnda. Class-class tersebut dikumpulkan di dalam packages. 

- blok di bawah ini merupakan try-catch block,  

try{  

  name = dataIn.readLine();  

}catch( IOException e ){  

  System.out.println("Error!");  

}   

Pada baris ini menjelaskan bahwa kemungkinan terjadi error pada pernyataan,   

name = dataIn.readLine(); 

akan  ditangkap.  Kita  akan  membahas  tentang  penanganan  exception  pada  babselanjutnya 

daripembahasan  ini,  tetapi untuk  sekarang,  Anda  cukup mencatat bahwaAnda  perlu  

menambahkankode  ini  untuk  menggunakan  method  readLine()  dariBufferedReader untuk 

mendapatkan inputdari user. 

- pernyataan,   

name = dataIn.readLine();  

method  diatas  memanggil  dataIn.readLine(),  mendapatkan  input  dari  user  

danmemberikansebuah nilai String. Nilai  ini  akan disimpan  ke dalam  variabel  name, yangakan kita 

gunakan pada statement akhir untuk menyambut user,  

System.out.println("Hello " + name + "!"); 

 

2. JOptionPane 

Cara lain untuk  mendapatkan  input  dari  user  yaitu   dengan  menggunakan  class 

JoptionPane  yangdidapatkan  dari  javax.swing  package.  JoptionPane memudahkan memunculkan 

dialog box  standardyang  memberikan  kepada  user  sebuah  nilai  atau menginformasikan 

sesuatu.Berikut Contoh Kode yang digunakan: 



2018 

 

Berikut penjelasannya 

- Statement pertama,   

import javax.swing.JOptionPane;  

Menjelaskan bahwa kita mengimpor class JoptionPane dari package javax.swing.Bisa juga ditulis 

seperti,  

import javax.swing.*;  

- Pernyataan,  

name = JOptionPane.showInputDialog("Please enter your name"); 

membuat  sebuah  input  dialog  JOptionPane,  yang  akan  menampilkan  dialog  

dengansebuahpesan,  sebuah  textfield  dan  tombol OK  seperti pada  gambar. Hasil dari 

dialogtersebut yaitu String dan disimpan ke dalam variabel name. Sekarang  kita membuat pesan  

selamat datang, yang akan disimpan  ke dalam  variabe msg,   

String msg = "Hello " + name + "!"; 

Baris selanjutnya  yaitu   menampilkan  sebuah  dialog  yang  berisi  sebuah  pesan  dan  

tombol OK,  

JOptionPane.showMessageDialog(null, msg); 

 

3. Struktur Kontrol 

Pada bagian   ini,  kita   akan  mempelajari  tentang   struktur   kontrol dimana kita dapat 

mengubahcara eksekusi pada pernyataan yang dibuat di program kita.Struktur   kontrol  yaitu   

pernyataan dariJava  yang  mengijinkan  user  untuk memilih danmengeksekusi blok kode spesifik 

dan mengabaikan blok kode yang lain. 

3.1 Statement if 

Pernyataan if akan menentukan sebuah pernyataan (atau blok kode) yang akan eksekusi jika 

danhanyajika persyaratan bernilai benar(true). 

 

Gambar 1. Flowchart statement If 



2018 

3.2  Statement if-else 

Pernyataan  if-else  digunakan  apabila  kita  ingin  mengeksekusi  beberapa  pernyataan dengan 

kondisitrue dan pernyataan yang lain dengan kondisi false. 

 

Gambar 2. Flowchart statement If-else 

3.3 Statement if-else-if 

Pernyataan  pada  bagian  kondisi   else  dari  blok   if-else  dapat  menjadi  struktur   if-else  yang   

lain.Kondisi  struktur    seperti    ini   mengijinkan    kita   untuk   membuat    seleksipersyaratan  yang  

lebih kompleks.  

Bentuk statement if-else if,  

if( boolean_expression1 )  

statement1;  

else if( boolean_expression2 )  

statement2;  

else   statement3 

 

Gambar 3. Flowchart statement If-else-If 

3.4 Statement switch 

Caralainuntuk membuat cabang  yaitu   dengan  menggunakan  kata  kunci  switch. 

Switchmengkonstruksikan cabang untuk beberapa kondisi dari nilai.Bentuk statement switch,  

switch( switch_expression ) 

{  

case case_selector1: statement1;  

break;  

case case_selector2: statement2;  

break;  



2018 

default: statement3;   

break;  

}  

switch_expression  yaitu   ekspresi  integer  atau  karakter  dan  case_selector1, case_selector2 

danseterusnya    yaitu     konstanta    unik  dari  nilai    integer  atau karakter. 

 

 

Gambar 4. Flowchart statement switch 

Tugas Pendahuluan 

1. Cari contoh sederhana inputan keyboard dengan menggunakan BufferedReader dengan 

menggunakan 2 kali proses inputan, Kemudian jelaskan ! 

2. Cari contoh sederhana inputan keyboard dengan menggunakan JOptionPane dengan 

menggunakan 2 inputan textfield, kemudian jelaskan ! 

3. Cari contoh sederhana program Struktur Kontrol dengan menggunakan struktur control berikut 

ini: 

- If 

- If-else 

- If-else-if 

- If-else-else-if dan  

- switch- case 

4. Buat program untuk menghitung nilai dari penjumlahan 2 bilangan a=3 dan b=4 dimana kedua 

bilangan tersebut diinputkan dengan : 

- BufferedReader 

- JOptionPane 

 

Percobaan Dilakukan 

1. Buat aplikasi dengan menggunakan bufferedreader yang menanyakan input bilangan sebanyak 3 

kali. Output yang diharapkan :  

Masukkan Nilai Pertama = 20 

Masukkan Nilai Kedua = 12 

Masukkan Nilai ke dua = 3 

Nilai-nilai yang dimasukkan = 20, 12, 3 

2. Dari Soal nomor 1 tambahkan perintah untuk mencari nilai terbesar dan terkecil dari angka – 

angka yang telah dimasukkan tadi dengan tambahan output yang diharapkan sebagai berikut, 



2018 

Nilai Terbesar yaitu  = 20 

Nilai Terkecil yaitu  = 3\ 

3. Sebuah perusahaan memberikan komisi kepada salesmannya dengan ketentuan sebagai berikut:  

- Bila seorang salesman dapat menjual barang hingga Rp 2.000.000 maka dia akan mendapat 

uang jasa sebesar Rp. 100.000 ditambah dengan uang komisi sebesar 10% dari pendapatan 

hari itu. 

- Bila seorang salesman dapat menjual barang di atas Rp. 2.000.000 hingga 5.000.000 maka dia 

akan mendapat uang jasa sebesar Rp 200.000 ditambah dengan uang komisi sebesar 15% dari 

pendapatan hari itu. 

- Bila seorang salesman dapat menjual barang di atas Rp. 5.000.000 maka dia akan mendapat 

uang jasa sebesar Rp. 300.000 ditambah dengan uang komisi sebesar 20% dari 

pendapatanhari itu. 

Bangunlah program untuk menghitung pendapatan seorang salesman hari itu. Nilai 

hasilpenjualandimasukkan melalui JOptionPane. 

4. Pada suatu ujian didapatkan nilai hasil ujian sebgai berikut: 

Nama Nilai  Huruf 

Adi 70  

Budi 65  

Caca 90  

Deny 75  

Buat listing program untuk memberikan nilai huruf pada masing-masing mahasiswa pada 

tabletersebut jika kaidah pemberian nilai huruf seperti berikut ini: 

36-45 Nilai D 

46-55 Nilai C 

56-65 Nilai C+ 

66-75 Nilai B 

76-85 Nilai B+ 

86-100 Nilai A 

Kemudian munculkan message yang mempunya nilai terendah dan yang mempunyai nilai 

terkecil! 

Pertanyaan Praktikum 

1. Apa yang anda pahami dari praktikum yang telah anda lakukan? 

2. Berikan kesimpulan yang dapat anda ambil dari praktikum ini! 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



2018 

 

 

MODUL 4 

PERULANGAN/LOOPING 

 

A. Target Pembelajaran 

1. Mahasiswa mengetahui struktur dasar statement perulangan(looping) 

2. Mahasiswa mengetahui struktur dasar statement perulangan(looping) 

3. Mahasiswa mengetahui cara pengoperasian statement perulangan 

4. Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan terkait penggunaan statement perulangan 

 

B. Materi Dasar 

Pengulangan yaitu  berupa pernyataan dari Java yang mengijinkan kita untuk 

mengeksekusi blok code berulang-ulang sesuai dengan  jumlah  tertentu  yang diinginkan.   Ada   

tiga   macam   jenis   daristruktur pengulangan yaitu while, do-while, dan for-loops. 

1. while loop 

Pernyataan while loop yaitu  pernyataan atau blok pernyataan yang diulang-ulang sampai 

mencapaikondisi yang cocok.Bentuk pernyataan while,  

while( boolean_expression ) 

{  

statement1;  

statement2;  

}  

Pernyataan didalamwhileloopakandieksekusi berulang-ulangselamakondisi 

boolean_expressionbernilai benar (true). Contoh, pada kode dibawah ini,  

int i = 4;  

while ( i > 0 ){  

System.out.print(i);  

i--;  

}  

Contoh diatas akan  mencetak  angka  4321  pada   layar. 

2. do-while loop 

Do-while    loop    mirip     dengan    while-loop.     Pernyataan    di    dalam     do-while    

loopakan dieksekusi beberapa kali selama kondisi bernilai benar(true). Perbedaan antara while 

dan do-while loop yaitu  dimana pernyataan di dalam do-while loop akandieksekusi sedikitnya 

satu kali.Perbedaan antara while dan do-while loop yaitu  dimana pernyataan di dalam do-while 

loop akandieksekusi sedikitnya satu kali.Bentuk pernyataan do-while, 

do{    

statement1;  

statement2;  

}while( boolean_expression );  

Pernyataan di dalam do-while loop  akan  dieksekusi  pertama  kali,  dan  akan  dievaluasi 

kondisidariboolean_expression.  Jika   nilai pada boolean_expression tersebut   bernilai true, 

pernyataan didalam dowhileloopakandieksekusi lagi. Berikut ini beberapa contoh do-while loop: 

int x = 0;  



2018 

do  

{  

System.out.println(x);  

x++;  

}while (x<10);  

Contoh ini akan memberikan output 0123456789 pada layar. 

 

3. for loop  

Pernyataan for loop memiliki kondisi  hampir  mirip  seperti  struktur  pengulangan 

sebelumnyayaitu  melakukan  pengulangan  untuk  mengeksekusi  kode  yang  sama sebanyak 

jumlah yang telahditentukan.Bentuk dari for loop,  

for (InitializationExpression; LoopCondition; StepExpression){  

statement1;  

statement2;  

}  

- InitializationExpression – inisialisasi dari variabel loop.  

- LoopCondition  - membandingkan variabel loop pada nilai batas tertentu    

- StepExpression  - melakukan update pada variabel loop.   

Berikut ini yaitu  contoh dari for loop,  

for( int i = 0; i < 10; i++ ){  

System.out.print(i);  

}  

Pada contoh inipernyataan i=0 merupakan inisialisasidarivariabel.  Selanjutnya, kondisii<10    

diperiksa.    Jika    kondisi    bernilai    true, pernyataan di dalam    for    loop dieksekusi. Kemudian, 

ekspresi i++    dieksekusi, lalu akan kembali pada bagian pemeriksaan terhadap kondisi i<10  lagi.    

Kondisi    ini akan dilakukan berulang-ulang sampai mencapai nilai yang salah (false). 

 

4. Percabangan dalam Perulangan 

Pernyataan percabangan mengijinkan kita untuk mengatur aliran eksekusi program. 

Javamemberikan tiga bentuk pernyataan percabangan: break, continue dan return. 

4.2 Pernyataan break  

Pernyataan break memiliki dua bentuk: tidak berlabel (unlabeled) dan berlabel (labeled). 

4.2.1 Pernyataan break tidak berlabel  

Pernyataan break tidak berlabel (unlabeled) digunakanuntukmenghentikanjalannya 

pernyataanswitch. Selain itu pernyataan breakunlabeledjuga bias digunakan untuk menghentikan 

pernyataanpernyataanfor,whileataudo-whileloop. 

for( int i=0; i< 5; i++ ) 

{  

if( i==3) 

{   

System.out.println(i); 

break;  

}    

Dari pernyataan diatas didapatka jika i berposisi pada nilai maka perulangan akan 

dihentikan. Dan akanmelakukan pencetakan angka i, yaitu angka 3. 

4.2.2 Pernyataan break berlabel 



2018 

Bentuk label dari pernyataan break akan menghentikan pernyataan di luarnya, 

dimanasebelumnya harus diberikan label  yang  sudah  di  spesifikasikan  pada  program  pada 

pernyataanbreak.  Ketika sebuah nilai ditemukan, break akan menghentikan pernyataan yang 

diberi labelsearchLabel yang terletak di luar pernyataan for loop. 

searchLabel: 

for( int i=0; i<6; i++ ) 

if(i==5 ) 

System.out.println(i); 

break searchLabel; 

Pernyataan break menghentikan pernyataan yangdiberi label; dan tidak menjalankan aliran 

kontrol   apapun pada label.Aliran control pada label akandiberikan secara otomatis pada 

pernyataanyang terletak dibawahlabel. Jadi jika pernyataan yang tidak dibawahnya maka tidak 

akan mengenali label yang telah dituliskan. 

4.3 Pernyataan Continue 

Pernyataan continue memiliki dua bentuk: berlabel dan tidakberlabel.  Andadapat 

menggunakan pernyataan continue untuk melanjutkan pengulangan yang sedang dijalankan oleh 

pernyataan for,while, atau do- while loop. 

4.3.1 Pernyataan continue tidak berlabel 

Bentuk pernyataan continue tidak berlabel (unlabeled) akan melewati bagian pernyataan 

setelah pernyataan ini dituliskan dan memeriksa eksepresi logika(boolean) yang mengkontrol 

pengulangan.  Jikaekspresilogika(boolean) masih bernilaitrue,maka pengulangan tetap 

dilanjutkan.Padadasarnya   pernyataan ini akanmelanjutkan bagian pengulangan pada 

pernyataan loop. 

for( int i=0; i<6; i++ ) 

if(i==3 ) 

continue; 

System.out.println(i); 

4.3.2 Pernyataan continue berlabel  

Bentuk pernyataan continue berlabel (labeled)  akan  melanjutkan  pengulangan  yang 

sedang terjadidan dilanjuti ke pengulangan berikutnya dari pernyataan pengulangan yang diberi 

label (tanda). 

search: 

for( int i=0; i<6; i++ ) 

if(i==3 ) 

continue search; 



2018 

System.out.println(i); 

4.4 Pernyataan Return 

Pernyataan   returndigunakanuntuk   keluardarisebuahmethod.  Pernyataanreturn memiliki 

duabentuk: memberikan sebuah nilai, dan tidak memberikan nilai. Untuk memberikan sebuah 

nilai, cukup berikan nilai(atau ekspresi yang menghasilkan sebuah nilai)sesudah kata return. 

Contohnya, 

return ++count; atau return "Hello";  

Tipe    data     dari    nilai   yang   diberikan   harus    sama     dengan    tipe    dari   

methodyangdibuat.Ketika sebuah method void dideklariskan, gunakan bentuk return yangtidak 

memberikan nilai.Contohnya,  

return;  

Kita akan membahaslebih  lanjut  tentang pernyataan  return anda akan mempelajari lebih 

lanjutketikamempelajari pemrograman berorientasi objek.  

 

Tugas Pendahuluan 

 

1. Ada tiga jenis perulangan di java yaitu while, do-while dan for, masing masing perulangan 

tersebut memiliki karakter atau perilaku berbeda, coba jelaskan karakter masing masing 

perulangan tersebut! 

2. Buatlah sebuah program perulangan sederhana dengan output angka 1-10 dengan menggunakan 

perulangan while, do-while dan for. Kemudian lanjutkan hingga program yang anda buat bisa 

menampilkan total 10 angka dari perulangan tersebut! 

 

Percobaan Dilakukan 

1. Ketik kembali kode sederhana berikut ini, simpan dengan nama file sesuai dengan nama kelasnya: 

 

 

 



2018 

 

 

 

Instruksi yang harus dijalankan: 

- Ketik kembali kode sederhana diatas, Compile dan jalankan programnya! 

- Jelaskan hasilnya 

2. Dari program sederhana diatas, anda bangun sebuah program yang mampu menghasilkan out 

put hasil perhitungan berikut (Tidak boleh menggunakan fungsi Math.pow): 

a. 43+52 

b. 5!+4! 

c. (42+51)/5+42 

3. Ambil   sebuah   angka   sebagai   input   dari   user, dan   outputnya   berupa   kata   yang   sesuai 

dengan angka. Angka yang dimasukkan antara 1-10.  Jika user memasukkan nilai yang tidak sesuai 

berikan output “Invalid number”.  

a. Gunakan statement if-else untuk menyelesaikan  

b. Gunakan statement switch untuk menyelesaikan 

4. Buat Program untuk mencari nilai bilangan ganjil dan genap sekaligus hitung jumlahnya dengan 

menggunakan operator sisa bagi dari n angka yang dimasukkan lewat: 

a. Nim Genap: Konsole 



2018 

b. Nim Ganjil: JOptionPane 

5. Ketik kode sederhana berikut ini, dan lanjutkan instruksi yang ada dibawahnya! 

 

Instruksi yang harus dijalankan :  

a. Ketik kembali kode sederhana diatas, Compile dan jalankanprogramnya! 

b. Kembangkan program tersebut hingga mampu menghasilkan output seperti gambar 

berikut ini: 

 

Catatan: Jumlah bintang tergantung dari n angka yang diinputkan! 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



2018 

MODUL 5 

ARRAY/LARIK (1 Dimensi) 

 

A. Target Pembelajaran 

1. Mahasiswa mengetahui struktur dasar Array 

2. Mahasiswa mengetahui cara pengoperasian Array 

3. Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan terkait penggunaan Array 

 

B. Materi Dasar 

Dalam bab ini, kita akan mendiskusikan mengenai array dalam Java. Pertama, kita 

akanmendefinisikan    apa    yang    dimaksud    dengan    array, kemudian    kita    juga 

akanmendiskusikanbagaimana mendeklarasikannya dan menggunakannya dalam Java. Array 

yaitu suatu type data yang mampu diisi dengan lebih dari satu nilai. Dan untuk pengaksesan 

nilaipadaarray ini digunakan indeks atau berdasarkan letak nilai tersebut pada array. 

- Array satu dimensi 

Yaitu array yang hanya mempunyai 1 baris yang didalamnya terdapat data yang 

mempunyaitype sama.Atau dapat diartikan sejumlah data yang ditampung oleh suatu variable yang 

mempunyaitype yang samadalam satu baris dan satu kolom. 

 

1. Pendeklarasian Array 

Array harus dideklarasikan seperti layaknya sebuah variabel. Pada saat mendeklarasikan 

array, anda harus membuat sebuah daftar dari tipe data, yang diikuti oleh sepasang tanda kurung [], 

lalu diikuti oleh nama identifier-nya. Sebagai contoh,  

int []usia;  

atau Anda dapat menempatkan sepasang tanda kurung [] sesudah nama identifier. Sebagai contoh, 

int usia[]; 

Setelah pendeklarasian array, kita harus membuat array dan menentukan berapa panjangnya 

dengan sebuah konstruktor. Proses ini di Java disebut sebagai instantiation (istilah dalam Java yang 

berarti membuat).  

Sebagai catatan bahwa ukuran dari array tidak dapat diubah setelah anda 

menginisialisasinya.Sebagai contoh,  

int ages[]; //deklarasi  

ages = new int[100]; //instantiate obyek  

Selain menggunakan sebuah pernyataan new untuk meng-instantiate array, Anda jugadapat 

mendeklarasikan, membangun, kemudian memberikan sebuah nilai pada array sekaligus 

dalamsebuah pernyataan. Sebagai contoh,  

boolean results[] ={ true, false, true, false };  

double []grades = {100, 90, 80, 75};  

String days[] = { “Mon”, “Tue”, “Wed”, “Thu”, “Fri”, “Sat”, “Sun”}; 

 

 

 



2018 

2. Pengaksesan elemen array 

Untuk mengakses sebuah elemen dalam array, atau mengakses sebagian dari array, Anda 

harus menggunakan indeks atau subscript. 

“Nilai indeks selalu dalam tipe integer, dimulai dari angk a nol dan dilanjutkan ke angkaberikutnya 

sampai akhir array. Sebagai catatan bahwa indeks didalam array dimulai dari 0sampai 

dengan(ukuranArray-1).” 

Berikut ini yaitu  contoh kode untuk mencetak seluruh elemen didalam array. Dalamcontoh 

ini digunakanlah pernyataan for loop, sehingga kode kita menjadi lebih pendek. 

 

3. Panjang Array 

Untuk mengetahui berapa banyak elemen didalam sebuah array, Anda dapat menggunakan 

atribut length dari array. Atribut ini akan mengembalikan ukuran dari array itu sendiri. Sebagai 

contoh, NamaArray.length Pada contoh sebelumnya, kita dapat menuliskannya kembali seperti 

berikut ini, 

 

 

Tugas Pendahuluan 

1. Apa sebenarnya array 1 dimensi itu? 

2. Bagaimana cara mengetahui jumlah elemet array 1 dimensi? 

3. Bagaimana cara mengambil nilai element pada array 1 dimensi? 

4. Dari listing kode dibawah ini, tambahkan inputan JOptionPane Sehingga ketika anda 

memasukkansalah satu nilai element kedalam inputan tersebut maka muncul posisi indexnya! 



2018 

 

5. Cetak iterasi / tampilkan data array pada kode dibawah dengan menggunakan perulangan 

while,do-while dan for (Wajib ketiganya).  

 

Percobaan Dilakukan 

1. Ketik kembali kode sederhana berikut ini : 

Array Statis 

 

Array Dinamis dengan Bilangan Random 

 

Array Dinamis Dengan Elemen DImasukkan 

 

Instruksi  yang harus dijalankan : 



2018 

1. Ketik kembali kode sederhana diatas, Compile dan jalankan programnya! 

2. Lanjutkan program sederhana (Contoh Ketiga)tersebut sehingga mampu menghasilkan out put 

hasil perhitungan berikut: 

a. Mencari nilai maksimal dan minimal serta tampilkan posisi indeks dari nilai tersebut! 

b. Mencari nilai rata rata array tersebut! 

c. Tambahkan sebuah perintah pencarian posisi index dari nilai element yang di inputkan 

melalui JOptionPane, Kemudian tukar nilainya dengan angka baru dengan JOtionPane, Dan 

munculkan kembali element arraynya! 

3. Buat pogram untuk membangkitkan variabel array dengan menggunakan JOptionpane (Nim: 

Genap) dan input console (Nim : Ganjil ) dengan rule sebagai berikut: 

a. Masukkan jumlah element array 1 dimensi 

b. memasukkan nilai element sesuai dengan jumlah elementnya. 

c. Tampilkan nilai terbesar dan terkecil elemet yang telah di inputkan! Serta posisi indexnya! 

d. Jumlahkan semua data array sederhana tersebut, dan cari nilai rata2 nya ! 

e. Jumlahkan semua element yang punya indeks ganjil (Praktikan dengan Nim Genap), dan 

jumlahkan semua element yang berindeks genap (Untuk Praktikan dengan Nim Ganjil) 

f. Cek hasil penjumlahan dari langkah E, apakah ia bernilai ganjil atau genap. Tampilkan 

hasilnya. 

g. Urutkan Element Array yang telah anda buat! 

4. Apa yang bisa anda jelaskan dari listing program diatas! 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



2018 

 

MODUL 6 

ARRAY/LARIK (Multidimensi) 

 

A. Target Pembelajaran 

1. Mahasiswa mengetahui struktur dasar Array Multidimensi 

2. Mahasiswa mengetahui cara pengoperasian Array Multidimensi 

3. Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan terkait penggunaan Array Multidimensi 

B. Materi Dasar 

Array multidimensi diimplementasikan sebagai array yang terletak di dalam array. Array 

multidimensi dideklarasikan dengan menambahkan jumlah tanda kurung setelah nama array. 

Sebagai contoh, 

// Elemen 512 x 128 dari integer array  

int[][] twoD = new int[512][128];  

 

// karakter array 8 x 16 x 24  

char[][][] threeD = new char[8][16][24];  

 

// String array 4 baris x 2 kolom  

String[][] dogs = {{ "terry", "brown" }, { "Kristin", "white" }, { "toby", 

"gray"}, { "fido", 

"black"} }; 

Untuk mengakses sebuah elemen didalam array multidimensi, sama saja dengan mengakses 

array satudimensi. Misalnya saja, untuk mengakses element pertama dari baris pertama 

didalamarray dogs, kitaakan menulis, 

System.out.print( c[0][0] );  

Kode diatas akan mencetak String “terry” di layar 

Contoh: 

 

 



2018 

Tugas Pendahuluan 

1. Apa array multidimensi? 

2. Array mutidimensi mempunyai baris dan kolom, bagaimana cara mengetahui jumlah element 

multidimensi? 

3. Bagaimana cara mengambil nilai element pada array multidimensi? 

4. Berdasarkan program dibawah ini, tambahkan inputan JOptionPane Sehingga ketika anda 

memasukkan salah satu nilai element kedalam inputan tersebut maka muncul posisi indexnya! 

 

5. Cetak iterasi / tampilkan data array pada kode dibawah dengan menggunakan perulangan 

while, do-while dan for (Wajib ketiganya) Gunakan nested loop. 

6. Tambahkan kode untuk menghitung nilai rata2 array tersebut! 

 

Percobaan Dilakukan 

1. Ketik kembali kode sederhana berikut ini: 

 

 

Instruksi yang harus dijalankan: 

1. Ketik kembali kode sederhana diatas, Compile dan jalankan programnya! 

2. Lanjutkan program sederhana tersebut (Contoh kedua) sehingga mampu menghasilkan out put 

hasil perhitungan berikut: 



2018 

a. Cetak iterasi / tampilkan data array pada kode dibawah dengan menggunakan 

perulangan while dan do-while (Wajib keduanya) Gunakan nested loop. 

b. Cari nilai rata rata array tersebut!  

c. Tambahkan sebuah perintah pencarian posisi index dari element array yang di inputkan 

melalui JOptionPane pada kedua array tersebut. Kemudian tukar nilainya dengan angka 

baru dengan JOtionPane! Kemudian munculkan hasilnya kembali arraynya! 

d. Tambahkan kode yang bias menjumlahkan semua element yang mempunyai indek 

kolom ganjil (Nim: Ganjil) dan indek kolom genap (Nim: Genap). 

3. String data [][] = {{"ABDUL", "085646668991", "Kediri"}, {"KUSNO", "085646668992", 

"Trenggalek"}, {"PONIRAN", "085646668999", "Bojonegoro"}};  

Dari data array tersebut, buat program yang bisa menghasilkan output dengan desain seperti 

betikut ini: 

NAMA ALAMAT TELEPON 

ABDUL Kediri 085646668991 

KUSNO Trenggalek 085646668992 

PONIRAN Bojonegoro 085646668999 

4. Ada dua buah matrik berikut ini: 

2 9 5 17 

1 5 10 4 

a. Carilah posisi index dari angka 9 dari matrik pertama, dimana nilai dimasukkan 

denganmenggunakanJOptionpane! 

b. Jumlahkan dua matrik sederhana tersebut! 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



2018 

MODUL 7 

EXCEPTION HANDLING DAN METHOD  

 

A. Target Pembelajaran 

1. Mendefinisikan exception   

2. Menangani exception menggunakan blok try-catch-finally 

3. Memahami Tentang Method dan penggunaannya didalam pemrograman 

4. Mampu mengaplikasikan method dalam pembuatan program. 

B. Materi Dasar 

1. ExceptionHandling  

Dalam bagian ini, kita akan mempelajari teknik yang dipakai dalam Java dalam menangani 

kondisi yang tidak bisaa dalam menjalankan operasi normal dalam program. Teknik ini dinamakan 

exception handling. 

 Event yang terjadi ketika suatu kesalahan terjadi saat program dijalankan. 

 Sering digunakan untuk akses sumberdaya non memori seperti akses file dan koneksi 

database 

1.1 Apa itu Exception? 

Exception yaitu  sebuah peristiwa yang menjalankan alur proses normal pada program. 

Peristiwa inibisaanya berupa kesalahan(error) dari beberapa bentuk. Ini disebabkan program kita 

berakhir tidaknormal. 

1.2 Menangani Exception 

Untuk menangani exception dalam Java, kita gunakan blok try-catch-finally. Apa yang 

kitalakukandalam program kita yaitu  kita menempatkan pernyataan yang mungkin menghasilkan 

exceptiondalam blok ini. Bentuk umum dari blok try-catch-finally yaitu , 

Try{                                                         

  //tulis pernyataan yang dapat mengakibatkan exception  

  //dalam blok ini  

} catch( <exceptionType1><varName1> ){   

  //tulis aksi apa dari program Anda yang dijalankan jika ada   

  //exception tipe tertentu terjadi   

}catch( <exceptionTypen><varNamen> ){  

  //tulis aksi apa dari program Anda yang dijalankan jika ada   

  //exception tipe tertentu terjadi  

} finally{                                                  

  //tambahkan kode terakhir di sini  

Exception dilemparkan selama eksekusi dari blok try dapat ditangkap dan ditangani dalam blok 

catch. Kode dalam blok finally selalu di-eksekusi. Berikut ini yaitu  aspek kunci tentang sintak dari 

konstruksi try-catch-finally:  

 Notasi blok bersifat perintah  

 Setiap blok try, terdapat satu atau lebih blok catch, tetapi hanya satu blok finally.  

 Blok catch dan blok finally harus selalu muncul dalam konjungsi dengan blok try, dan 

diatasurutan 

 Blok try harus diikuti oleh paling sedikit satu blok catch ATAU satu blok finally, 

ataukeduanya.  

 Setiap blok catch mendefinisikan sebuah penanganan exception. Header dari blok catch 

harus membawa satu argumen, dimana exception pada blok tersebut akan ditangani.  



2018 

1.3 Contoh Exception 

a. ArithmeticException 

public class cobaException { 

   public static void main(String args[]){  

      int bil = 10; 

      System.out.println(bil/0); 

   } 

b. Struktur Blok Try Catch 

try{ 

   kode program yang mungkin menghasilkan exception 

}catch(Exception xx) { 

} catch(Exception xx){ 

 

 

2. Method/Function 

2.1 Konsep Dasar 

 Fungsi yaitu  bagian dari kode program yang mempunyai tugas spesifik.  

 Fungsi akan dipanggil ke program utama atau fungsi yang lain bila dibutuhkan.  

 Sebuah fungsi bisaanya digunakan untuk menangani suatu proses tertentu yang ada di 

dalam sebuahprogram. 

2.2 Bentuk penulisan fungsi/method 

Kita bisa menuliskan fungsi atau method dengan beberapa cara, dan method juga 

mempunyai beberapa macam tipe yaitu: 

 void 

 string 

 double 

 integer 

Dari beberapa tipe method diatas semua harus mempunya nilai kembalian kecuali method 

yang bertipevoid, dalam praktikum ini kita hanya akan membahas method yang bertipe void 

danuntuk method yanglainya akan anda pelajari di matakuliah pemrograman berorientasi 

objek.Berikut ini cara untuk menuliskan fungsi/method: 

 

1. Method yang tidak mempunyai parameter  

Void hitung() 

 // Statement atau perintah yang dikerjakan 

2. method yang mempunyai parameter 

Void hitung2(int a,int b)  // Method yang mempunyai parameter 

// Statement atau perintah yang dikerjakan 

2.3 Contoh Aplikasi 

 

a. Program yang tidak menggunakan fungsi/method 

 



2018 

 

b. Program yang menggunakan fungsi/method 

 

 

Dapat anda perhatikan bahwa program “a” yang tidak menggunakan fungsi, maka proses 

yang berjalan hanya sekali dan angka yang dihitung nilai faktorialnya cenderung statis. Berbeda 

dengan program “b” yang menggunaka fungsi, proses yang berjalan bisa lebih satu kali, yaitu kita 

bisa melakukan pemanggilan fungsi tersebut secara berulang dengan nilai angka yang parameter 

faktorialnya dapat diubah dengan lebih dinamis. 

 

Tugas Pendahuluan 

1. Apa yang anda ketahui tentang exception handling? Dan apa fungsinya? 

2. Jelaskan bentuk umum dari exception handling! Dan sebutkan syarat yang harus dipenuhi 

untukmembuat sebuah exception handling. 

3. Tuliskan sebuah contoh program exception handling sederhana! Dengan menggunakan 3 

blok yaitutry-catch-finally. 



2018 

4. Apa sebenarnya method itu? Method ada yang dinamakan dengan method rekursif, apa 

methodrekursif itu? Jelaskan! 

5. Ada berapa macam tipe method di java? Sebutkan dan berikan contoh! Maksimal 5 baris 

kodeuntuk contoh setiap tipe method! Serta panggil method tersebut dalam main 

programnya! 

6. Beri contoh sebuah method rekursif! 

7. Java yaitu  bahasa pemrograman bersifat objek oriented (OOP) karena semua variabel, 

class,fungsi/method diakses dalam bentuk objek, dan dalam setiap objek tersebut terdapat 

akses modifieryang nilai defaultnya yaitu  public. Apa akses modifier itu? Sebutkan macam 

akses modifier,jelaskan serta berikan contohnya! 

 

Percobaan Dilakukan 

1. Ketik kembali kode sederhana berikut ini: 

Method Tanpa Nilai Kembalian (Prosedur) 

 

 

Input Keyboard Dengan Pemanggilan Method dengan nilai kembalian (Fungsi) 

 

 



2018 

 

 

Paduan Antara Fungsi Dan Prosedur dalam 1 kelas 

 

 

Instruksi yang harus dijalankan: 

 Ketik kembali kode sederhana diatas, Compile dan jalankan programnya! 

 Buat method baru yang menangani proses menghitung volume bangun yang 

mempunyailingkaran misal tabung, kerucut, bola. Nilai diameter dimasukkan lewat 

console! 

2. Buat sebuah fungsi yang bisa menghitung nilai: 

 

3. Kali ini bantu Budi menyelesaikan permasalahannya dengan membuatkan sebuah program 

sederhana untuk menghitung luas bangun tersebut jika nilai dari variable yang digunakan 

diinputkan menggunakan JOptionpane dan perhitungan masing masing bangun ditangani 

oleh sebuah method. Gunakan method dengan parameter! 



2018 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



2018 

MODUL 8 

DASAR GUI (Graphical User Interface)  

 

A. Target Pembelajaran 

1. Memahami persamaan dan perbedaan antara AWT dan Swing  

2. Perbedaan antara komponen dan kontainer.  

3. Mendesain aplikasi GUI menggunakan AWT.  

4. Mendesain aplikasi GUI menggunakan Swing.  

5. Menjelaskan tentang flow layout, border layout, dan grid layout dalam komponen GUI  

6. Membuat tampilan yang komplek dalam mendesain aplikasi GUI. 

B. Materi Dasar 

Tanpa mempelajari tentang grapichal user interface (GUI) API, Anda masih tetap bisa 

membuat suatu program. Tetapi, program Anda akan kelihatan tidak menarik dan tidak nyaman 

digunakan bagi para user. Memiliki GUI yang baik dapat memberi efek pada penggunaan aplikasi. 

Java menyediakan banyak tool seperti Abstract Windowing Toolkit dan Swing untuk 

mengembangkan aplikasi GUI yang interaktif.  

AWT dan Swing menyediakan komponen GUI yang dapat digunakan dalam membuat aplikasi 

Java dan applet. Tidak seperti beberapa komponen AWT yang menggunakan native code, 

keseluruhan Swing ditulis menggunakan bahasa pemrograman Java. Swing menyediakan 

implementasi platformindependent dimana aplikasi yang dikembangkan dengan platform yang 

berbeda dapat memiliki tampilan yang sama. Begitu juga dengan AWT menjamin tampilan look and 

feel pada aplikasi yang dijalankan pada dua mesin yang berbeda menjadi terlihat sama. Swing API 

dibangun dari beberapa API yang mengimplementasikan beberapa jenis bagian dari AWT. 

Kesimpulannya, komponen AWT dapat digunakan bersama dengan komponen Swing. 

1. Beberapa komponen AWT 

Berikut ini yaitu  daftar dari kontrol AWT. Kontrol yaitu  komponen seperti tombol atau 

textfield yang mengijinkan user untuk berinteraksi dengan aplikasi GUI. Berikut ini semua subclass 

dari class Components. 

 

Berikut yaitu  aplikasi membuat sebuah frame dengan kontrol yang telah dimasukkan di 

dalamnya. 



2018 

 

 

2. Layout Manager 

Posisi dan ukuran suatu komponen ditentukan oleh layout manager. Layout manager 

mengatur tampilan dari komponen di dalam kontainer. Berikut ini beberapa layout manager yang 

terdapat di dalam Java. 

1. FlowLayout 

2. BorderLayout  

3. GridLayout  

 

Layout manager dapat diatur menggunakan method setLayout dari class Container. Method 

inidapat ditulis sebagai berikut.  

setLayout(LayoutManager mgr) 

 

2.1 FlowLayout 

Cara meletakkan komponen dari FlowLayout Manager dimulai dari kiri ke kanandan dari atas 

ke bawah, dimulai dari pojok kiri atas. Seperti pada saat Anda mengetikmenggunakan editor kata 

pada umumnya. 

Berikut yaitu  contoh penggunaan FlowLayout: 

 

Berikut ini tampilan yang dihasilkan: 



2018 

 

 

2.2 BorderLayout 

BorderLayout membagi kontainer menjadi lima bagian diantaranya utara, selatan, timur, 

barat, dan tengah. Setiap komponen dimasukkan membentuk jalur horizontal sedangkan region 

timur dan barat membentuk jalur vertikal. Dan region tengah berada pada perpotongan jalur 

horizontal dan vertikal. Tampilan ini yaitu  bersifat default untuk object Window, termasuk object 

dari subclass Window yaitu tipe Frame dan Dialog. 

Berikut yaitu  contoh penggunaan BorderLayout: 

 

 

Berikut ini tampilan yang dihasilkan: 

 

 

 

2.3 Null Layout/Tanpa Layout 

Jika Anda memilih untuk tidak menggunakan layout manager, Anda dapat mengisi null sebagai 

argumen untuk method ini. Tetapi selanjutnya, Anda akan mengatur posisi elemen secara manual 

dengan menggunakan method setBounds dari class Components. 

setBounds(int x, int y, int width, int height) 



2018 

Method ini mengatur posisi berdasarkan pada argumen x dan y, dan ukuran berdasarkan 

argumen width dan height. Berikut yaitu  contoh penggunaan NullLayout: 

 

Berikut ini tampilan yang dihasilkan: 

 

3. Komponen Swing 

Seperti pada package AWT, package dari Swing menyediakan banyak class untuk membuat 

aplikasi GUI. Package tersebut dapat ditemukan di javax.swing. Perbedaan utama antara keduanya 

Java. Kesimpulannya, program GUI ditulis menggunakan banyak class dari package Swing yang 

mempunyai tampilan look and feel yang sama meski dijalankan pada paltform yang berbeda. Lebih 

dari itu, Swing menyediakan komponen yang lebih menarik seperti color chooser dan option pane.  



2018 

Nama dari komponen GUI milik Swing hampir sama persis dengan komponen GUI milik AWT. 

Perbedaan jelas terdapat pada penamaan komponen. Pada dasarnya, nama komponen Swing sama 

komponen dalam AWT tetapi dengan tambahan huruf J pada prefixnya. Sebagai contoh, satu 

komponen dalam AWT yaitu  button class. Sedangkan pada Swing, nama komponen tersebut 

menjadi Jbutton class. Berikut yaitu  daftar dari komponen Swing. 

 

Berikut ini contoh sederhana menggunakan komponen swing: 



2018 

 

 

Berikut ini tampilan yang dihasilkan: 

 



2018 

Perlu diperhatikan pada package java.awt masih saja diimpor karena layout manager yang 

digunakan terdapat pada package tersebut. Juga, memberi judul pada frame dan mengepack 

komponen di dalam frame dapat juga dilakukan untuk frame AWT.  

 

Tugas Pendahuluan 

1. Jelaskan apa yang anda pahami tentang GUI! komponen pendukung GUI dijava ditangani 

oleh awt dan swing, apa beda awt dan swing? 

2. Apa yang anda ketahui tentang layout manager? Sebutkan dan jelaskan beberapa macam 

layout manager java! 

3. Anda buat kode program yang bisa menampilkan output berikut ini: 

 

Percobaan Dilakukan 

1. Ketik Kode berikut ini!  

GUI Dengan FlowLayout 

 



2018 

GUI Dengan NULL Layout (Tanpa Layout) 

 

2. Dengan menggunakan null layout Buat program yang bisa menampilkan output sebagai 

berikut!   

 

3. Tambahkan warna pada komponen tombol yang telah anda buat tersebut! 

 

 

 

 

 





Percobaan Dilakukan 

1. Ketik Kode berikut ini! 

 

2. Tambah event handling dari tugas praktikum sebelumnya (Nomor 2)! Gunakan mouse listener! 

Target aplikasi tersebut mampu menghitung layaknya sebuah kakulator sederhana! 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



2018 

MODUL 10 

DASAR PEMROGRAMAN DATABASE DENGAN JAVA 

 

A. Target Pembelajaran 

1. Mahasiswa mengetahui struktur dasar pemrograman database. 

2. Mahasiswa mengetahui cara pengoperasian simpan, edit, cari dan hapus suatu data dalam 

database. 

3. Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan menggunakan pemrograman database. 

B. Materi Dasar 

1. Data Base 

Data Base merupakan sebuah cara dimana kita bias menyimpan data secara permanent 

kedalammedia penyimpanan. Agar dapat terkoneksi ke MySQL dari Java maka diperlukan driver 

JDBC untukMySQL. Silakan download di situs web mysql.com, diperoleh file mysql-connector-java-

.1.8.tar(terbaru saat ini). Kemudian ekstrak file tersebut. Salah satu hasil ekstraksinya yaitu  

filemysqlconnector-java-5.1.8-bin.jar dan inilah driver JDBC MySQL yang dimaksud. Salin file ini 

kedirektoriC:\Program Files\Java\jre6\lib\ext atau ke folder lain sesuai dengan lokasi instalasi JRE. 

2. Perintah SQL 

Structured Query Language (SQL) telah diakui sebagai bahasa standart untuk mengakses 

danmanipulasi database. Pada pembahasan kali ini kita akan tunjukkan beberapa intruksi SQLdan 

dibedakanmenjadi 2 macam perintah yaitu: 

2.1 DML (Data manipulation Language) 

Peritah DML yaitu  perintah query yang digunakan untuk memanipulasi data pada suatu 

database.Berikut perintah yang ada pada DML, 

a. Insert 

insert into NamaTabel 

values('"+field_1+"','"+Field_2+"','"+…+"','"+Field_ke_n+"');"; 

b. Select 

Pernyataan Select digunakan untuk mengambil data dari table dalam database sesuai 

dengan kriteriayang ditentukan. Berikut ini yaitu  conton perintah Select: 

SELECT * FROM NamaTabel ; Mengambil seluruh data tanpa terkecuali. 

SELECT field_1,field_2 FROM NamaTabel ; Mengambil data dari table Data field 

Kodesaja 

c. Update 

update NamaTabel set field_1='"+ value_1+"', field_2='"+ 

value_2+"', field_3='"+ value_3+"'where field_x='"+value_4+"’; 

d. Delete 

delete from NamaTabel "+ "where Field_x='"+value_x+"'; 

 

2.2 DDL (Data Definition Language) 

Peritah DDL yaitu  perintah query yang digunakan untuk membangun atau merekayasa 

database. 

Berikut perintah yang ada pada DDL, 

a. Create 

b. Alter 

c. Drop 



2018 

Dalam praktikum ini kita hanya akan mempelajari proses DML(Data Manipulation Language) 

yaituproses yang nantinya kita gunakan untuk memanipulasi record yang terdapat dalam table dari 

databseyang telah kita buat. 

Tugas Pendahuluan 

1. Apa yang anda ketahui tentang database? 

2. Ketika membangun aplikasi berbasis database dengan java, anda membutuklan suatu library 

tambahan yang dinamakan JDBC API (Aplication Program Interface). Apa yang anda ketahui 

tentang JDBC API? Silahkan sebutkan tugas dan kelebihannya! 

3. Untuk memberikan perintah kepada sebuah database anda harus menguasai bahasa SQL 

(Structure Query Language) yang merupakan bahasa standart yang dimiliki oleh database. SQL 

dibedakan menjadi 2 macam yaitu DML yang akan kita bahas garis besarnya di praktikum ini dan 

DDL yang akan anda pelajari di matakuliah desain database. Sebutkan perintah yang dimiliki DML 

(Khusus proses Simpan dan Hapus) dan berikan contoh nya. 

4. Sebutkan tahap menambahkan library Mysql connector di projek aplikasi java yang telah anda 

buat dengan menggunakan Netbeans. Diasumsikan nama projectnya yaitu  nim anda masing 

masing! 

5. Buat program yang bisa menampilkan tampilan berikut ini, lengkap dengan Event handlingnya! 

(Kode program akan dipakai ketika praktikum, jadi wajib anda selesaikan dan dibawa ketika 

praktikum) Dilarang Kopi Paste! 

 

 

Catatan : Untuk asisten, mohon tugas no5 dan 6 dilakukan koreksi kode programnya dan dicek 

databasenya. 

6. Buat database dan desain tabel yang sesuai dengan tampilan tersebut, nama tabel yaitu  

nama_nim, contoh : puspa_10650038 

 

Percobaan Dilakukan 

 

1. Koneksikan tugas pendahuluan nomer 5 dan 6 sehingga semua fungsi yang ada bias berjalan! 

2. Dari handout materi praktikum dasar dasar pemrograman, silahkan anda membentuk sebuah 

kelompok untuk TUGAS AKHIR mata kuliah ini dengan ketentuan maksimal jumlah mahasiswa 

yaitu  4, dan minimal 3 orang.  

 Buat proposal rencana pembuatan program sederhana dengan mengimplementasikan 

materi praktikum dari awal hingga akhir. (Hingga Database) 

 Proposal dibuat 1 kelompok 1 proposal. 

 Konsultasikan dengan Aslab masing-masing tentang judul program yang akan diajukan 

(untuk menentukan kelayakan) 

 Jika judul sudah di setujui, kerjakan program tersebut sebagai TUGAS AKHIR matakuliah 

(Nilai UAS), dan akan di presentasikan di waktu UAS.  

 Jangan lupa untuk membuat dan mengumpulkan Laporan Akhir Program (PrintOut) + 

SourceCode (CD). 



2018 

 

 

Windows User